Fakultas Vokasi Unhas Kerjasama Dinas PPK dan UKM Gelar Sosialisasi Pengabdian Masyarakat

Fakultas Vokasi Unhas Kerjasama Dinas PPK dan UKM Gelar Sosialisasi Pengabdian Masyarakat

Sabtu, 22 Juni 2024



Soppeng,Rajapena.com., -Dosen serta mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin (Unhas) Kampus Soppeng menggelar sosialisasi pengabdian kepada masyarakat yang dilangsungkan di Aula Vokasi Unhas Soppeng, Sabtu (22/6/2024). 

Sosialisasi pengabdian kepada masyarakat tersebut kerjasama  antara fakultas Vokasi Unhas Soppeng dan Dinas Perdagangan Perindustrian Usaha Kecil Menengah (PPK dan UKM) pemerintah daerah kabupaten Soppeng dengan menyasar para pelaku UMKM yang ada di kecamatan Lalabata. 



Kegiatan ini mengangkat tema, "Pendampingan dalam manajemen usaha dan strategi pemasaran untuk meningkatkan UMKM di Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. 

Dalam kegiatan ini menghadirkan peserta dari mahasiswa dan para pelaku UMKM di kecamatan lalabata diantaranya pelaku usaha kuliner makanan dan minuman. 

Dalam sosialisasi ini ada 2 materi yang menjadi pokok bahasan yakni Pendampingan dalam manajemen usaha dan strategi pemasaran untuk peningkatan kualitas UMKN di Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

Selain itu, Peningkatan Keterampilan dalam menerapkan manajemen Usaha dan pembuat kontent marketing pada UMKN Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. 

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Dinas PPK dan UKM Kabupaten Soppeng Andi Wandy Irwandy, S.STP.

Sementara dari pihak Fakultas Vokasi Unhas dihadiri oleh Ketua Program Studi Agribisnis Pangan dan Ketua Prodi Agribisnis peternakan (Pipi Dian Sari , Ph.D dan Dr.Kasmiati Kasim) serta team dosen pengabdian masyarakat.



Mewakili Kepala Dinas PPK dan UKM Andi Wandy Iswandy mengapresiasi kegiatan ini. 

Menurutnya, Dengan sosialisasi pengabdian kepada masyarakat utamanya materi yang disampaikan terkait upaya untuk meningkatkan usaha para pelaku UMKM. 

"Management dan pemasaran produk sangat penting untuk diketahui bagi para pelaku usaha karena hal itu dapat menentukan berkembangnya suatu jenis usaha yang berkelanjutan, tandasnya. 

Ia berharap para peserta untuk mengimplementasikan materi yang disampaikan dalam usahanya, imbuh Wandy. 

Sementara itu, Ketua Prodi Agribisnis Pangan Pipi Diansari, Ph.D mengucapkan terima kasih atas dukungan dari instansi pemerintah daerah yang telah membantu kegiatan pengabdian masyarakat sehingga dapat terlaksana,dengan mengadirkan pelaku UMKN untuk mengikuti kegiatan ini,pungkasnya.

(Red)