Karya Bakti Koramil 1423-02/Marioriawa Bersihkan Saluran Air Kerjasama Pemerintah Kelurahan dan Warga

Karya Bakti Koramil 1423-02/Marioriawa Bersihkan Saluran Air Kerjasama Pemerintah Kelurahan dan Warga

Senin, 15 April 2024


Soppeng, Rajapena.com, Personil Koramil-02 Marioriawa Kodim 1423 Soppeng terus melakukan upaya pencegahan untuk masyarakat di wilayahnya, salah satunya yang dilakukan pada senin pagi (15/4/2024) dengan melaksanakan karya bakti pembersihan selokan sekitar pasar tradisional, sekitar lapangan sepak bola serta sekitar pemukiman penduduk. 


Pelaksanaan karya bakti tersebut dengan berkolaborasi bersama pemerintah kelurahan Manorang Salo, Lurah dan staf serta bhabinkamtibmas dan warga sekitar. 

 

Dandim 1423/Soppeng, Letkol Inf Sigit Suhendro Hadi K. S.T, M.Tr ( Han ), melalui Ws. Danramil Serka Jaliluddin mengatakan, kegiatan pembersihan selokan tersebut merupakan bagian dari bakti TNI untuk rakyat Indonesia dengan menggelar karya bakti di tiap jajaran Kodim se- Indonesia guna menghadapi musim penghujan,ujarnya. 

 

"Pembersihan selokan bertujuan untuk menormalisasi fungsi dari selokan, sehingga air tidak tersumbat dan menyebabkan genangan serta banjir, jika air menggenang selain menjadi tempat sarang penyakit dan nyamuk demam berdarah juga menyebabkan air meluap karena selokan tertutup sampah "Jelasnya.

 

Ia berharap dengan kegiatan karya bakti pembersihan selokan ini, saluran air dapat menjadi lancar, dan terhindar dari wabah penyakit DBD. 

 

Selain itu, pembersihan selokan juga dilanjutkan memberikan edukasi kepada masyarakat agar selalu peduli dengan lingkungan serta tidak membuang sampah di sembarang tempat, " Sebut Danramil.

 

Sementara itu, Lurah Manorang Salo mengaku sangat senang dan bersyukur karena merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini, katanya. 

 

Menurutnya, biasanya para warga membersihkan sendiri tiap bulan, namun hasilnya kurang maksimal karena keterbatasan personil dan alat, Alhamdulillah dengan melibatkan anggota Koramil semua kendala bisa teratasi dengan cepat, sekali lagi terimakasih Bapak Danramil beserta anggota, " pungkas Lurah Manorang Salo.