Pengelola Galian C Ilegal Tak Tersentuh Hukum, Armada Diduga Rusak Jembatan Desa Namorih

Pengelola Galian C Ilegal Tak Tersentuh Hukum, Armada Diduga Rusak Jembatan Desa Namorih

Kamis, 04 Mei 2023

( Pagar Pembatas Jembatan Sudah Hampir Roboh)

Pancur Batu | Aktifitas Tambang Galian C Ilegal di Desa Namorih dan di Kecamatan Kutalimbaru diduga menjadi pemicu rusaknya pagar pembatas jembatan Desa Namorih Kecamatan Pancur.

Setiap hari ratusan angkutan damtruk dari lokasi lokasi galian c ilegal dari dua kecamatan melintasi jembatan tersebut. Dimana tonase ataupun beban yang dibawa oleh truk truk diduga berlebihan tonase.

Sebelumnya jembatan Desa Namorih juga rusak dan jebol dikarenakan armada pengangkut bahan material dari dua lokasi yakni tambang diduga ilegal milik PS yang bermodus Jecak sawah namun sudah 5 tahun tak siap siap dan ada diduga 4 lokasi tambang ilegal yang berkedok cetak sawah dan pemerataan lahan di Kecamatan Kutalimbaru.

Seorang warga setempat meminta agar Gubernur Sumut, Bupati Deli Serdang dan Kapolda Sumut segera menutup lokasi tambang ilegal yang diduga berada di Desa Namorih dan di Kecamatan Kutalimbaru (Kampung Merdeka dan Laubicik), tambang galian c itu diduga tidak ada ijin sama sekali tapi mereka modusnya cetak sawah sudah ada 5 tahun galian c PS itu namun tidak siap siap, ntah sawah apa yang mau dia cetak.

"Begitu juga dengan lokasi lokasi galian c yang berada di Kecamatan Kutalimbaru (Kampung Merdeka dan Laubicik) sudah saatnya Polda Sumut, Polrestabes dan Satpol PP Deli Serdang dan Pemprovsu melakukan penindakan dengan tegas kepada pengusaha pengusaha tambang galian c tersebut. Jika tidak ada ijin menggali pengelolanya ditangkap dan dijeblokasn kepenjara, hal yang sama juga harus di terapkan kepada pengusaha tambang galian c di Desa Namorih Kecamatan Pancur Batu agar mereka sadar dengan apa yang saat ini mereka kerjakan,"Pungkasnya 

Kasat Pol PP Deli Serdang Marzuki saat di konfirmasi 2/5/2023 sore terkait hal tersebut menjelaskan bahwa,Mungkin dalam waktu dekat ini pihak BWSS II akan turun mengeceknya.

"Semalam kita jumpa dgn pihak WBSS kita minta pihak NBWSS," Ujarnya

Amatan wartawan pada kamis 4/5/2023 ratusan truk pengangkut bahan tambang galian c ilegal asal Desa Namorih dan dari tambang galian c asal Kutalimbaru terus mintasi jembatan Desa Namorih yang kondisinya diduga semakin memperihatikan.

(Leodepari)