Mahasiswa UTS Gelar Penyuluhan di Kelurahan Maricaya, Ini Kata James Thoengsal

Mahasiswa UTS Gelar Penyuluhan di Kelurahan Maricaya, Ini Kata James Thoengsal

Sabtu, 28 Januari 2023


Makassar, Rajapena.com - Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil dan Program Studi Teknik Kimia Universitas Teknologi Sulawesi (UTS) menggelar kegiatan penyuluhan kepada masyarakat sebagai wujud pengabdian terhadap masyarakat, Sabtu (28/1/2023).

Kegiatan penting tersebut, diketahui mengusung tema "Pembangunan Berkelanjutan Bersama Kelurahan Maricaya" bertempat di Aula Kantor Kelurahan Maricaya, Kecamatan Makassar, Kota Makassar. Sabtu, 28 Januari 2023.

Lebih Lanjut diketahui, Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang disusul dengan sambutan Ketua LPM kelurahan Maricaya, Dekan FT UTS Dr. Ir. James Thoengsal,S.T,M.T,IPP serta Ketua Program Studi Teknik Sipil Yudith Helene Mustakim, S.T,M.T. Selain itu, juga menghadirkan pembicara dari Akademisi Fakultas Teknik UTS.


Kendati, materi Penyuluhan dan Pelatihan kepada warga Kelurahan Maricaya yang diberikan dalam kegiatan ini terkait dengan pengelolaan sampah rumah tangga yang dapat dimulai pada lingkungan terkecil yaitu rumah tangga.

Pemateri pertama, Yudith Helene Mustakim memberikan penyuluhan pembuatan lubang biopori sebagai lubang resapan dan alternatif solusi pengelolaan sampah rumah tangga, demikian peranan Mustakim dalam kegiatan tersebut.


Hal senada terungkap, menurut James Thoengsal memaparkan pentingnya pemanfaatan limbah konstruksi bangunan.

"Dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan agar warga Kelurahan Maricaya dapat meningkatkan kesadaran dalam melakukan pengelolaan sampah rumah tangga secara mandiri dimulai dari rumah sendiri, serta membuka peluang untuk mengelola sampah rumah tangga tersebut menjadi hasil yang dapat bernilai ekonomis," pungkas James, mahasiswa Teknik UTS . 

(**/Red)