Dinas Dukcapil Manggarai Timur Beri Pelayanan Prima Masyarakat Kampung Wuas Desa Rende Nao

Dinas Dukcapil Manggarai Timur Beri Pelayanan Prima Masyarakat Kampung Wuas Desa Rende Nao

Sabtu, 05 November 2022


Borong, Rajapena.com,- Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terkait identitas kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Manggarai timur, (Dukcapil) Nusa Tenggara timur ( NTT) pada (4/11/2022) mengunjungi kampung wuas Desa Rende Nao, Kecamatan Lamba Leda Timur, Kabupaten Manggarai Timur.


Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Manggarai Timur, Robertus Bonafantura, SE, mengatakan bahwa pelayanan dokumen kependudukan untuk masyarakat Desa Rende Noa yang dilangsungkan dikampung Wuas pada hari ini, merupakan tugas pokok dinas diskukcapil manggarai timur, untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat di seluruh kabupaten manggarai timur, khususnya masyarakat di Desa Rende Nao.


Hal itu dilakukan sebagai upaya menjemput bola dalam artian bahwa masyarakat tidak lagi tidak lagi ke kantor Dukcapil namun pihak Kamilah yang mendatanginya, dan itulah bentuk pelayanan kami, jelasnya.


"Oleh sebab itu kami ucapkan terimakasih banyak kepada Camat Lamba Leda Timur, yang telah berkenan menerima dinas kependudukam dan pencatatan sipil diwilayahnya untuk melayani masyarakat kususnya di kampung Wuas ini", ucap Robertus Bonafantura.


Dalam kesempatan itu Robertus Bonafantura juga mengungkapkan terimakasih atas partisipasi dari seluruh masyarakat kampung Wuas yang telah menerima dinas kependudukan dan pencatatan sipil, ujarnya.


Kata Dia, Terbukti dengan antusias masyarakat sejak pagi hingga sore dapat mengurus identitas kependudukannya.


"Ada sejumlah 50 kartu kelurga ( KK) dan proses KTP Elektronik sementara berjalan dan saya prediksi dapat mencapai kurang lebih 95 orang yang merekam KTP", terangnya.


"Oleh karena itu, ucapan terimakasih yang sangat luar biasa ini saya tujukan kepada seluruh masyarakat yang penuh dengan antusias, dalam artian bahwa mereka telah menyadari begitu sangat pentingnya memiliki identitas kependudukan, yang tentunya nanti dapat digunakan dalam segala urusan, sehingga nantinya tidak dijumpai kendala apapun, tandas Robertus Bonafantura.


Sementara itu Camat Lamba Leda Timur, Aloysius Roma Daur, SH, menyampaikan juga mengungkapkan terimakasih kepada pihak dinas Kependudukan dan pencatatan sipil manggarai timur, yang telah datang untuk mengurus dokumen kependudukan warga kami di Desa Rende Nao, khususnya dikampung Wuas ini, ujarnya.


"Kita sudah menyaksikan masyarakat Desa Rende Nao, khususnya masyarakat yang ada di kampung Wuas, yang belum memiliki Kartu keluarga ( KK) dan KTP, tadi sudah dilakukan perekaman untuk penerbitan KTPnya dan ada juga yang sudah dilakukan perbaikan untuk dokumen yang lainnya seperti Kartu keluarga (KK)", tutur Camat Lamba Leda.


"Ini adalah berkat kerja sama antara pemerintah kecamatan, pemerintah Desa, demikian juga Gereja terutama pengurus stasi kampung wuas ini, kami sudah lakukan komunikasi baik dengan pihak terkait hingga kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan lancar, ucap Camat.


"Selaku pemerintah kecamatan saya berharap agar untuk seluruh masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Lamba Leda Timur, yang ingin mengurus dokumen kependudukan ditempat, harus dilakukan komunikasi yang baik dengan Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan, dan dengan gereja, supaya kami juga komunikasi ketingkat kabupaten untuk turun langsung ke kampung-kampung dalam mengurus dokumen kependudukan", pungkasnya.


(Ardi)