Pastikan Kesehatan Pegawai Terjaga, BBPP-BK Kerjasama Kimia Farma Gelar Medical Check Up

Pastikan Kesehatan Pegawai Terjaga, BBPP-BK Kerjasama Kimia Farma Gelar Medical Check Up

Kamis, 01 September 2022


Gowa, Rajapena.com,-Dalam memastikan kesehatan seluruh Pegawai terjaga, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku bekerjasama dengan KIMIA FARMA Kota Makassar menyelenggarakan kegiatan Medical Check Up bagi seluruh pegawai di Aula Hasanuddin BBPP Batangkaluku. Rabu. 31/08/22.

Medical Check Up ini merupakan salah satu agenda rutin yang dilakukan setiap tahun sebagai bentuk perhatian pegawai terhadap pentingnya kesehatan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, ditengah pandemi tidak hanya berfokus pada penyediaan pangan, namun Kementerian Pertanian harus terus melakukan upaya penanganan terutama pengecekan kesehatan. “Segala bentuk kebaikan yang kita lakukan sebetulnya adalah investasi kemanusiaan dan sosial," Ujar Mentan.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi, menyatakan bahwa sektor pertanian ini sangatlah penting untuk setiap orang harus mengetahui kondisi tubuhnya supaya tetap kuat termasuk juga aparatur SDM Pertanian.


Kepala BBPP Batangkaluku, Muhammad Sidiq menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjaga dan memelihara kesehatan seluruh pegawai sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik dengan kinerja yang maksimal.

Menurutnya, Sebagai Aparat Sipil Negara (ASN), para pegawai harus senantiasa menjaga stamina dan kesehatan supaya dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal.

"Dengan pemeriksaan kesehatan secara berkala yang baik diharapkan penyakit yang dapat menurunkan produktivitas dapat diminimalkan,"jelasnya.

Pemeriksaan meliputi cek gula darah, kolesterol, keseimbangan berat badan pemeriksaan tekanan darah, diabetes, penyakit jantung, asma, hipertensi, kolesterol, dan asam urat dan kondisi kesehatan secara umum.

Petugas Kimia Farma, Fadli Irwansyah mengatakan sebagai Aparatur Sipil Negara yang setiap memberikan pelayan kepada masyarakat khususnya peserta pelatihan ada baiknya memang rutin memeriksa kesehatan secara baik dan menyeluruh (Medical Check Up) agar gejala-gejala penyakit yang kemungkinan terjadi bisa diatasi sejak dini.

"Penyakit yang kerap membayangi adalah kolesterol tinggi, hipertensi juga obesitas tentunya itu harus ditangani dengan cepat akan tidak makin memburuk, Hal-hal yang terabaikan seperti itu akhirnya menumpuk dan menjadi penyakit serius," ujar dia.

Karena itu melakukan Medical Check Up (MCU) penting untuk dilakukan. Pekerja atau karyawan yang sehat dapat menjalankan fungsinya dengan optimal.

"Kondisi kesehatan karyawan bisa saja berubah dengan adanya perubahan pola hidup dari karyawan sendiri yang tidak sehat serta faktor lingkungan kerja yang tidak seimbang," kata dia.

Kepala Bagian Umum BBPP Batangkaluku, Rosdiana menambahkan Pemeriksaan dilakukan dengan tujuan mendeteksi penyakit pegawai sejak dini. Pemeriksaan kesehatan meliputi pengecekan tensi, gula darah, asam urat, kolesterol, berat badan dll.

"Memperhatikan kesehatan para pegawai berarti memastikan kinerja para pegawai. pegawai yang sehat akan mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik. Dengan begitu, akan tercipta suasana kerja yang nyaman demi tercapainya tujuan perusahaan/instansi,"ungkapnya.

"Kegitan ini dilakukan untuk mendeteksi dini suatu penyakit atau gangguan kesehatan tertentu, serta menentukan langkah pengobatan lebih lanjut atau rujukan dokter jika hasil pemeriksaan tersebut menunjukkan adanya masalah kesehatan," tutup Rosdiana.

Meski berlangsung sehari, kegiatan ini sangat antusias diikuti seluruh pegawai BBPP Batangkaluku. Adapun tips menjaga kesehatan yang disampaikan Kimia Farma adalah istirahat yang cukup, kecukupan konsumsi sayur dan buah-buahan, dan olah raga teratur.

(tim humas bbpp-bk/ AL. ILhm)