Luar Biasa Kementan, Sejumlah Murid TK Belajar Pertanian Upaya Cintai dan Pikat Sejak Usia Dini

Luar Biasa Kementan, Sejumlah Murid TK Belajar Pertanian Upaya Cintai dan Pikat Sejak Usia Dini

Sabtu, 24 September 2022


Gowa, Rajapena.com,-Mengenalkan dunia pertanian kepada generasi muda harus sedari dini, sejak usia sekolah dengan harapan berawal dari mengenal akhirnya jatuh cinta, setelah mencintai akhirnya menekuni.

Pentingnya sektor pertanian dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia dan dunia, menjadi daya pikat tersendiri bagi generasi milenial.

“Pertanian adalah sebuah masa depan yang pasti dibutuhkan. Ibarat emas itu 24 karat sedangkan pertanian itu 100 karat yang ada di depan kita, dan pertanian itu adalah lapangan kerja yang selalu terbuka,” ucap Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Dedi Nursyamsi, mengatakan hal serupa, "Kementerian Pertanian, melalui BPPSDMP, fokus mencetak generasi milenial pertanian yang profesional, mandiri, berjiwa wirausaha dan berdaya saing," katanya.

Mengerti pentingnya hal tersebut Taman Kanak-Kanak Kinder'N Huiz Makassar yang sudah lama bermitra dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku yang setiap tahunnya kerap berkunjung untuk mengenalkan pertanian kepada peserta didiknya sebagai bagian dari kegiatan outing class.

Kali ini yang ikut serta sebanyak 20 orang peserta didik yang di dampingi Guru dan Orangtua murid.

Rombongan yang dipimpin langsung Kepala TK Kinder'N Huiz , Nur Hayati bersama Tim Manajemen dan Widyaiswara BBPP Batangkaluku diberikan arahan yang kemudian dilanjutkan berjalan berkeliling Balai sambil melihat dan diperkenalkan berbagai jenis tanaman yang ada di lahan praktek BBPP Batangkaluku antaranya Sayur Kangkung, Melon, Padi, Jagung, panen Kedelai secara langsung serta lainnya.

Selain itu, murid-murid juga diajak melihat peternakan bebek dan yang tak kalah menarik adalah di laboratorium pengolahan hasil Pertanian, mereka bisa menikmati langsung Donat kentang dan Minuman dari susu kedelai dengan berbagai varian rasa.

Menurut, Nur Hayati, Kepala TK Kinder'N Huiz, anak-anak sengaja diajak ke BBPP Batangkaluku mengenal lebih dekat dunia pertanian sejak dini.

Ini adalah merupakan salah satu cara yang efektif mengenalkan anak-anak usia dini kepada dunia pertanian yaitu dengan mengajak anak-anak untuk belajar dan bermain ke lahan pertanian/ perkebunan /peternakan dan perikanan serta pengolahan hasil pertanian, agar mereka dapat berinteraksi langsung dalam dunia pertanian melalui game-game/permainan sesuai dengan kurikulum yang sudah disediakan. Melalui kegiatan tersebut mereka akan dapat menghayati dan memahami serta melatih motorik mereka melalui kegiatan pertanian yang menyenangkan.

Jaenuddin, Pegawai BBPP Batangkaluku yang mendampingi murid-murid panen kedelai mengatakan kegiatan ini dapat menjadi inspirasi baru bagi anak – anak.

"Selain di lahan pertanian, di rumah juga mereka bisa belajar memanfaatkan lahan pekarangan untuk pertanian dan adanya kunjungan ini, diharapkan semua pihak dapat lebih semangat menanam dalam memanfaatkan lahan, " pungkasnya.

Tim humas bbpp-bk. AL/Ilhm)