Sebanyak 119 CJH Reguler Soppeng Ikuti Bimbingan Manasik Haji, Bupati Soppeng Bilang Begini

Sebanyak 119 CJH Reguler Soppeng Ikuti Bimbingan Manasik Haji, Bupati Soppeng Bilang Begini

Minggu, 29 Mei 2022


Soppeng, Rajapena.com,- Sebagai upaya untuk menambah dan memperdalam ilmu pengetahuan serta memperlancar pelaksanaan ibadah haji, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Soppeng melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) mengelar Bimbingan Manasik bagi Jemaah Haji Reguler Kabupaten Soppeng Tahun 1443 H / 2022 M, Sabtu, (27/5/2022).

Kegiatan tersebut dilangsungkan di Baruga Rumah Jabatan Bupati Soppeng, yang turut dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi- Selatan, Bupati Soppeng, Wakil Bupati Soppeng, Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, Kakankemenag, Kabupaten Soppeng, Kadis Kesehatan Kabupaten Soppeng,serta seluruh Jemaah haji Kabupaten Soppeng.

Dalam kesempatannya, Kakankemenag Kabupaten Soppeng H.Fitriadi dalam laporannya mengatakan, “Peserta bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Soppeng di ikuti sebanyak 119 orang jamaah haji, yang terdiri dari kuota Kabupaten Soppeng 115 orang yang masuk Estimasi pemberangkatan pada Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) di tambah jamaah mutasi dari Provinsi Sulawesi Tengah sebanyak 3 orang dan Petugas Haji Daerah (PHD) sebanyak 1 orang.

Fitriadi, menjelaskan bahwa bimbingan Manasik Haji ini sangat penting untuk di laksanakan agar calon jamaah haji memiliki bekal lebih awal tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji,jelas Fitriadi.

 
Fitriadi berpesan kepada seluruh Jamaah Haji agar mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya dan memanfaatkan kesempatan ini agar sukses menjalani ibadah haji nantinya, tandasnya.

Untuk di ketahui, jamaah haji kabupaten Soppeng tergabung dalam kloter 1 Embarkasi Makassar,dan berangkat menuju Madinah pada tanggal 17 Juni 2022.

Sementara itu, Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya mengatakan, Kepada para calon jamaah haji diharapkan agar fokus dalam mengikuti kegiatan manasik haji ini. 

"Karena begitu pentingnya ibadah haji ini bagi kita umat lslam, ujar Kaswadi.

"Jadi dengan kesempatan ini, jangan disia-siakan terutama persoalan Handphone (HP) yang dapat membuat kita tidak khusyuk dalam melaksanakan ibadah. 

"Karena kita masih dalam masa pandemi, saya minta kepada para calon jamaah Haji agar betul-betul menjaga kesehatan, dan  3 hari sebelum berangkat kita akan melakukan PCR dan alat itu alhamdulillah sudah ada di Soppeng jadi tidak perlu khawatir soal pembayarannya. 

"Kepada para jamaah agar senantiasa menjaga kesehatan, kurangi aktifitas yang tidak berguna dan tidak penting, karena kegiatan yang akan kita hadapi sangat sakral yaitu menyempurnakan ibadah kita selaku umat Islam , terang Bupati Soppeng.

"Dan yang tak kalah pentingnya yaitu jaga kebersamaan dan kekompakan terhadap calon jamaah haji lainnya, Pungkas Andi Kaswadi Razak. (**)