Kolaborasi Astra, Polres Jakarta Barat Bersama Polsek Kembangan Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Apar

Kolaborasi Astra, Polres Jakarta Barat Bersama Polsek Kembangan Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Apar

Sabtu, 28 Mei 2022


Jakarta, Rajapena.com,- Polres Metro Jakarta Barat bersama Polsek Kembangan berkolaborasi dengan Astra melaksanakan sosialisasi dan pelatihan penggunaan Apar kepada para tim KTJ (Kampung Tangguh Jaya) seJakarta, Sabtu, 28/5/2022.

Sosialisasi dan pelatihan tersebut bertempat di KTJ RW 07 Jl. Kampung Salo RT 08 RW 07 Kembangan Utara Jakarta Barat dan dihadiri oleh para perwakilan KTJ seJakarta.


Para tim KTJ seJakarta mendapatkan pendalaman materi oleh tim SAR Astra serta simulasi penanganan kebakaran.

Kanit Bhabinkamtibmas Polres Metro Jakarta Barat Iptu Gk Putra mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang diberikan oleh tim Astra kepada para tim KTJ seJakarta.

"Pelatihan dan simulasi ini sangat lah penting untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman tentang penanggulangan kebakaran dan cara penggunaan Apar, saya sangat mengapresiasi sekali," ujar Iptu Ketut saat dikonfirmasi, Sabtu, 28/5/2022.

Sementara dalam kesempatan yang sama Bpk. Herdiawan Sutikno didampingi Ibu Hanny Handary selaku tim manajemen Astra mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan dari program Bapak Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dr. M. Fadil Imran yaitu Kampung Tangguh Jaya.


Pelatihan dilakukan dengan pemberian materi dan simulasi guna memberikan pemahaman mengenai penyebab terjadinya kebakaran, pengetahuan dasar tentang upaya pencegahan kebakaran dan memberikan pelatihan dalam mengoperasikan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan Karung Basah.

“Materi tersebut sebagai dasar untuk mensukseskan implementasi program program Kampung Tangguh Jaya (KTJ) yang ada," ujar Herdiawan Sutikno.

Adapun simulasi dilakukan dengan melakukan pemadaman api secara manual untuk api di dalam tong berisi bahan bakar.

Tim Kampung Tangguh Jaya sejakarta dilatih melakukan pemadaman api menggunakan karung goni basah dan Apar.


Selain itu para tim KTJ seJakarta tersebut juga diberikan kesempatan untuk bisa saling berbagi pengetahuan tentang budi daya unggulan yang berada di masing-masing KTJ.

"Mereka keliling melihat lahan yang dijadikan Agro Tani dilokasi tersebut dan sebagai studi banding untuk kemajuan Kampung tangguh Jaya (KTJ)," ucapnya.

Selanjutnya selesai kegiatan simulasi diakhiri dengan pemberian alat Apar dan bingkisan kepada tim KTJ seJakarta.


Dalam kesempatan tersebut hadir diantaranya Iptu Edi Supriadi Kanit Binmas Polsek Kembangan Iptu. GK Putra Kanit Binmas Polres Metro Jakarta Barat, Aipda Rusmanto Bhabinkamtibmas Kembangan Utara dan dari tim Astra diantaranya Bpk. Herdiawan Sutikno, Ibu Hanny Handary, Bpk. Ade Ruswandi, Bpk. Bambang Suharyanto dan Tim SAR Astra pimpinan Bpk. Tutut Soebagjo.

Dalam kegiatan tersebut juga hadir perwakilan KTJ sejakarta diantaranya Tim KTJ Penggilingan, Tim KTJ Cakung Barat, Tim KTJ Karet Tengsin, Tim KTJ Sunter Agung, Tim KTJ Bendungan Hilir, Tim KTJ Lebak Bulus, Tim KTJ Cipete Utara, Tim KTJ Rawasari, Tim KTJ Warakas, Tim KTJ Petamburan dan Tim KTJ Cempaka Putih.

(Humas Polres Metro Jakarta Barat)