Tekuni dan Budayakan Literasi, Dr Nur Alim : Upaya Kreatif dan Motivasi Bagi Masyarakat dan Anak Didik Bangkitkan Minat Baca

Tekuni dan Budayakan Literasi, Dr Nur Alim : Upaya Kreatif dan Motivasi Bagi Masyarakat dan Anak Didik Bangkitkan Minat Baca

Kamis, 17 Februari 2022

Dr Nur Alim saat bersama panitia peserta lomba Perpustakaan Ceria (Ist).

Soppeng, Rajapena.com,-Pagelaran Perpustakaan Ceria yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Soppeng dengan mengangkat tema "Cerdas dan Ceria bersama Perpustakaan".

Kegiatan tersebut sudah berlangsung mulai hari ini selama 7 hari kedepan dari tanggal 16 hingga 22 Februari 2022 yang dibuka oleh Kepala Dinas Perpusdarsip kabupaten Soppeng.

Kepala Dinas Perpusdarsip Soppeng Hamzah Hola, S.Sos.,M.Si sebelum menyampaikan sambutannya ia terlebih dahulu mengucapkan terima kasih kepada Kepala Bidang Perpustakaan yang telah merancang kegiatan perpustakaan ceria yang melibatkan perserta didik PAUD dan SD beserta orang tua dalam rangka menumbuhkan dan memasyarakatkan budaya baca.

Kepala Perpustakaan Soppeng Hamzah Hola saat memberikan sambutan (Ist).

Ia berharap, semoga dengan kegiatan ini bisa berlanjut dan menjadi kegiatan rutin yang terus berupaya untuk menumbuhkan minat baca anak serta menggali potensi anak, terang Hamzah Hola dalam sambutannya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Bidang Perpustakaan Dr. Drs. Nur Alim, M.Pd mengatakan, dengan pagelaran perpustakaan ceria ini kami dari pihak instansi berusaha keras untuk lebih kreatif dan lebih memotivasi masyarakat maupun peserta didik untuk bagaimana membangkitkan minatnya dalam menekuni dan membudayakan literasi serta memanfaatkan sarana yang sudah disiapkan oleh pemerintah.


Dr. Nur Alim, mengatakan kegiatan yang dilakukan selama 7 hari kedepan ini, peserta yang sudah ikut andil dituntun dan dilatih untuk dapat tampil di depan umum dengan bercerita tentang apa yang sudah mereka baca untuk berbagi cerita dengan teman-temannya.

"Bagi anak yang yang berani untuk tampil menceritakan kembali apa yang sudah dibaca di buku yang disiapkan oleh panitia kami, maka akan diberikan bingkisan sebagai wujud penghargaan kepada mereka, itu salah satu aksi dari kegiatan yang kami laksanakan, tandasnya.


Diakhir sambutannya, Dr. Nur Alim berharap bahwa dari kegiatan ini diharapkan agar anak-anak lebih aktif dan gemar membaca buku, apalagi melihat pesatnya perkembangan teknologi dan maraknya tayangan-tayangan yang kurang mendidik di media sosial yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan anak, dan Alhamdulillah kegiatan ini sangat disambut baik oleh anak-anak.

Sementara salah satu pimpinan Lembaga Pendidikan Nabigh Kabupaten Soppeng, Andi Hermiyati, S.Pd., M.Si mengatakan, kami sangat menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Soppeng dimana anak-anak bisa mendapatkan banyak sekali pengalaman berharga hari ini.

Pengalaman berharga tersebut dapat dirasakan mulai dari latihan bersabar menunggu giliran masuk ruang, berbagi buku dengan teman, serta melatih percaya diri untuk tampil berdoa dan membaca buku cerita dengan bahasa mereka.


Disamping itu, anak anak juga difasilitasi media gambar untuk diwarnai yang membuat suasana di perpustakaan betul-betul ceria sesuai nama kegiatan yang diusung oleh Perpusda Soppeng.

"Insya Allah setelah ini ayah bunda akan mengajak anakda tercinta untuk selalu berkunjung ke perpustakaan daerah, karena selain buku cerita ternyata juga ada buku elektronik yang bisa diakses disini, Seru,..pungkas Andi Hermiyati.

(Red/ARS/Resi).