Tingkatkan Kompetensi Petani Millenial, BBPP Batangkaluku Gelar Pelatihan Teknis Tematik Sistem Hidroponik di Soppeng

Tingkatkan Kompetensi Petani Millenial, BBPP Batangkaluku Gelar Pelatihan Teknis Tematik Sistem Hidroponik di Soppeng

Kamis, 02 Desember 2021



Soppeng (Sulsel), Rajapena.com,-BBPP Batangkaluku yang merupakan salah satu UPT Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) terus berupaya meningkatkan kapasitas SDM Pertanian guna mendukung terwujudnya pertanian yang maju, mandiri, dan modern.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan peningkatan SDM sangat penting untuk dilakukan.

“Karena pembangunan pertanian harus didukung dengan sumber daya manusia yang memadai, Oleh karena itu, kita terus melakukan peningkatan SDM,” tuturnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengutarakan hal serupa.

“SDM memiliki peran paling utama dalam peningkatan produktivitas. Oleh karena itu, jika ingin produktivitas meningkat, maka tingkatkan dahulu kualitas, kapasitas dan pengetahuan SDM,” katanya.

Untuk mencapai tujuan tersebut BBPP Batangkaluku menyelenggarakan Pelatihan Teknis Tematik Sistem Hidroponik bagi Non Aparatur Angkatan II yang dilaksanakan di Balai Benih Induk, Kelurahan Ompo, Kabupaten Soppeng.

Kegiatan pelatihan direncanakan berlangsung selama 3 hari yaitu pada tanggal 02 sampai dengan 04 November 2021.


Kegiatan ini hadiri oleh Wakil Bupati Soppeng, Kadis Pertanian Kab. Soppeng, Kepala BBPP Batangkaluku, serta narasumber berasal dari Puslitbang Hortikultura Bogor.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kelompok tani dalam hal budidaya hingga manajemen pasar.

Fajar, menyampaikan dukungan menjadikan Kabupaten Soppeng sebagai sentra horti melalui hidroponik, dan melihat peluang pasar yang ada maka hidroponik dapat dikembangkan.

Permasalahan utama hidroponik adalah nutrisi, oksigen dan air. Olehnya itu diharapkan dengan adanya pelatihan ini petani paham untuk mengetahui tentang mempertahankan nutrisi tanaman hidroponik" ungkap Fajar, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan dihadapan 30 peserta.

Kepala BBPP Batangkaluku, Sabir merasa senang sekali karena peserta yangg hadir adalah peserta milenial yang tertarik pada pertanian karena pelatihan ini bertujuan untuk menambah kompetensi petani – petani milenial Ada tiga aspek petani milenial yaitu semangat, fokus, dan adaptif dengan perubahan

Turut hadir dan memberi arahan yakni Wakil Bupati Soppeng, Lutfi Halide beliau yakin pertanian di kabupaten soppeng akan maju, dan hidroponik menjadi salah satu andalan jika diperbaiki sistem budidaya hingga manajemen pemasarannya.

Lanjut mengingat masih masa Pandemi Covid-19, peserta tentunya diharapkan tetap menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat kepada seluruh peserta selama pelaksanaan kegiatan pelatihan.

(tim humas bbpp-bk/ferial)