Inovasi Pemanfaatan Air Tawar Dinas Peternakan Soppeng Dilirik 2 Kabupaten di Sulselbar

Inovasi Pemanfaatan Air Tawar Dinas Peternakan Soppeng Dilirik 2 Kabupaten di Sulselbar

Jumat, 22 Oktober 2021


Soppeng (Sulsel), Rajapena.com,-Kunjungan Kerja Komisi B DPRD Bulukumba dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Polewali Mandar di Kabupaten Soppeng dilangsungkan di UPTD BPPBIAT (Balai Perbenihan dan Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar) Ompo Soppeng, Kamis 21 Oktober 2021.

Kepala Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan (DPKHP) Kab. Soppeng Ir. Erman Asnawi, M.Si menuturkan bahwa dirinya sehari penuh menerima dan melayani kunjungan konsultasi dari dua kabupaten yang dilaksanakan di Balai Perbenihan dan Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar Ompo Soppeng.

Kata Dia, "Kunjungan pertama rombongan dari Komisi B DPRD Bulukumba yang dipimpin oleh Fahidin HDK, S.Hi, MM bersama sembilan orang anggotanya dengan maksud mempelajari strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng dalam hal pemanfaatan potensi air tawar.

Potensi air tawar tersebut dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat, terang alumni IPB Bogor fakultas Peternakan ini.

Dijelaskan Erman bahwa rombongan komisi B Bulukumba tersebut ingin mempelajari bagaimana mengoptimalkan BBI (Balai Benih Ikan), katanya.

Sementara Ketua Komisi B DPRD Bulukumba Fahidin HDK, S.Hi, MM dalam kegiatan itu mengatakan bahwa banyak pemberitaan dimedia yang menunjukkan kalau Kabupaten Soppeng dalam hal ini Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan sangat aktif melakukan inovasi untuk pengembangan ikan air tawar, sehingga Komisi B DPRD Bulukumba memutuskan untuk menjadikan Kabupaten Soppeng sebagai kabupaten tujuan untuk konsultasi, beber Legislator DPRD Kabupaten Bulukumba ini

Sedangkan pada kunjungan kedua dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Polewali Mandar yang dipimpin Kabid Perikanan Budidaya Ahmad, S.Kel kabupaten Polman bersama satu orang anggotanya dengan maksud mempelajari bagaimana Kabupaten Soppeng meningkatkan produksi dan konsumsi ikan air tawar melalui Kolam Terpal (KOTER) serta ingin mempelajari bagaimana agribisnis, untung rugi dan cara pengelolaan Kolam terpal ini.

Pada sambutan penerimannnya, Kad8s DPKHP Ir. Erman Asnawi, M.Si yang didampingi oleh Kepala UPTD BPPBIAT Ompo Andi Ongkeng S.Sos dan Kabid Perikanan Hisbullah S.Pi mengatakan bahwa, "Suatu kehormatan bagi Pemkab Soppeng dalam hal ini Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan menjadi Kabupaten pilihan untuk konsultasi.

"Memang selama ini Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan terus berupaya meningkatkan konsumsi ikan dan budidaya ikan air tawar yang salah satunya melalui kolam terpal yang biayanya relatif murah dan praktis, pungkas Erman Asnawi.

Dalam kunjungan tersebut para tamu diajak berkeliling untuk melihat langsung kolam perbenihan dan kolam terpal yang ada di UPTD BPPBIAT Ompo.

Sumber rilis : Humas DPKHP Kab. Soppeng